Rabu, 16 Juni 2010

Engkon Komara, "Kabupaten Ciamis Banyak Raih Prestasi"

Rapat Paripurna Istimewa DPRD dan pesta rakyat menandai puncak rangkaian peringatan HUT ke-368 tatar Galuh Ciamis yang berlangsung Sabtu (12/6). Masyarakat dan ratusan pedagang ikut menikmati rezeki. Seluruh barang dagangannya ludes diborong dan dibagikan gratis kepada masyarakat.

Rapat istimewa dipimpin Ketua DPRD Ciamis, Asep Roni didampingi wakil ketua. Bupati Ciamis Engkon Komara didampingi Wakil Bupati Iing Syam Arifin dengan khidmat mengikuti seluruh rangakaian kegiatan tersebut. Di antara tamu undangan juga hadir sejumlah pejabat utusan dari kabupaten dan kota sekitar CIamis, seperti Kota Banjar, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis Engkon Komara menyatakan bahwa peringatan hari jadi merupakan momentum untuk lebih meningkatkan pelayanan publik yang prima. Selain itu juga menciptakan iklim investasi yang lebih mudah sehingga meningkatkan daya saing, serta upaya peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Aparatur sebagai pelayan masyarakat, harus memiliki kepekaan terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Memberikan solusi, ketika muncul persoalan di masyarakat. Saat ini adalah momentum yang tepat," katanya.

Engkon Komara mengatakan selama setahun banyak prestasi yang diraih Kabupaten Ciamis. Di antaranya berhasil mengendalikan pertumbuhan pendudukan pada tingkat relatif rendah, yaitu dalam lima tahun terakhir rata-rata 0,41 persen.

Upaya peningkatan kualitas manusia yang diukur dari Indek Pembangunan Manusia (IPM), lanjut dia, menunjukkan kondisi yang semakin baik. Pada tahun 2009 IPM Kabupaten Ciamis mencapai 72,14, atau lebih besar dari rata-rata IPM Jawa Barat.

Pembangunan pendidikan, lanjutnya, mengalami peningkatan kualitas yang semakin baik. Peningkatan itu seiring dengan bertambahnya alokasi dana pendidikan mencapai 44,72 persen dari total APBD.

"Dengan anggaran yang ada, berhasil merehabilitasi 1.080 ruang kelas SD/MI yang rusak. Dengan keberhasilan tersebut, saat ini tersisa 1.688 ruang kelas yang perlu diperbaiki," tutur Engkon.

Peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis, kata dia, semakin bertambah lengkap dengan diraihnya Adipura. Hal itu masih ditambah dengan diraihnya Kalpataru kategori Perintis Lingkungan diberikan kepada salah seorang warga Ciamis, Ujang Solihin.

"Selama tiga tahun berturut mulai tahun 2008, Kabupaten Ciamis selalu mendapat prestasi menggembirakan dalam bidang lingkungan dan kesehatan. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran serta akftif masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Ciamis Asep Roni mengatakan, selain prestasi yang menggembirakan, ada beberapa hal yang masih harus ditingkatkan oleh Pemkab Ciamis. Di antaranya adalah jalan lingkar selatan Ciamis yang sampai saat ini kondisinya rusak berat. Demikian pula rencana pembangunan terminal terpadu, harus segera diwujudkan.

"Rusaknya akses jalan lingkar selatan telah menghambat jalannya roda perekonomian masyarakat. Selain itu rencana pembangunan terminal terpadu , juga harus dikaji ulang, dan dimungkinkan segera diwujudkan," tuturnya.

Roni berharap momentum hari jadi merupakan tonggak untuk meningkatkan kinerja penyelenggara pemerintahan, menuju Ciamis yang lebih baik. "Dengan segala kekurangan sebagai bahan instrospeksi, kami berharap masa depan yang lebih baik," katanya. (A-101/kur)***

Sumber:
http://www.pikiran-rakyat.com/node/115711
17 Juni 2010

1 komentar: