Rabu, 16 Juni 2010

Program Wirausaha ITB Bidik Kab Ciamis

Institut Teknologi Bandung (ITB) membidik Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk implementasi program kewirausahaan mahasiswanya. Pasalnya, potensi jarak dan kakao di kabupaten tersebut dinilai tinggi, tetapi belum ada teknologi yang mampu menambah nilai jual.

"Indonesia termasuk produsen terbesar ketiga kakao di dunia, salah satunya di Kabupaten Ciamis. Akan tetapi, pola petani di sana adalah menjual ke tengkulak dengan harga murah sehingga kesejahteraan nya memprihatinkan. Kami akan membuat pengering kakao, sehingga bisa menambah nilai jual," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ITB Widyo Nugroho Sulasdi, saat Seminar Kewirausahaan di Aula Timur ITB, Sabtu (16/5).

Pemilihan Ciamis pun, katanya, karena sebelumnya ITB telah mengembangkan projek percontohan energi alternatif minyak jarak.

Tahun ini, ITB memeroleh Rp 2 miliar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Dirjen Dikti Depdiknas) dalam program mahasiswa kewirausahaan. Jumlah itu, oleh ITB akan dikembangkan dalam dua kegiatan kewirausahaan yaitu berbasis teknologi dan pengembangan bisnis umum. ITB menargetkan lima puluh mahasiswa yang akan mendapat dana Rp 8 juta/orang.

Sebagai langkah awal strategi pembentukan jiwa kewirausahaan, menurut Widyo, adalah dengan menerpakan konsep-konsep kewirausahaan. "Pemahaman tentang kewirausahaan harus mantap dulu. UKM kita kebanyakan tidak bisa mengembangkan bisnis, karena tidak punya pengetahuan bisnis dan manajemennya," ujarnya.

Untuk itu, dari dana dikti ITB mengalokasikan Rp 1,6 miliar untuk kegiatan teoritis dan Rp 400 juta untuk praktiknya.

Sementara itu, Ketua Center For Innovation, Entrepreneurship, and Leaderdship (CIEL) Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB Dwi Larso mengatakan, ITB akan mengadopsi model pembelajaran e-track yang diterapkan di SBM.

"E-track berupa perencanaan bisnis, menjalankan usaha baru dan mengembangkan usaha," katanya. (A-167)***


Sumber:
Harian Pikiran Rakyat, Senin 18 Mei 2009, dalam:
http://www.ahmadheryawan.com/lintas-jabar/pendidikan/3935-program-wirausaha-itb-bidik-kabupaten-ciamis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar